Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:12:06ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-06-10T06:06:44Z2015-06-10T06:06:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10197This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/101972015-06-10T06:06:44ZPEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT
DIVISIONS (STAD) DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH
MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015ABSTRAK
PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT
DIVISIONS (STAD) DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH
MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Oleh
EVI KRISTIANINGSIH
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran tari bedana menggunakaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA Negeri 1 Seputih Mataram tahun
pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan
mendeskripsikan hasil pembelajaran tari bedana.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah guru dan siswa-siswi yang mengikuti pembelajaran
tari bedana di kelas XA SMA Negeri 1 Seputih Mataram berjumlah 31 siswa.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan
(observasi), dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah
pembelajaran, tari bedana dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD telah dilaksanakan
oleh guru dengan beberapa tahapan, yaitu : pembentukan kelompok yang terdiri
dari 2 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan, penyajian materi tari bedana,
memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan kelompok, pelaksanaan ujian,
evaluasi ujian dan kesimpulan. Namun, pada pelaksanaan ada dua tahapan yang
tidak sesuai dengan prosedur penggunaan model pembelajaran tipe STAD yang
benar yaitu tidak terbentuknya kelompok sejak awal pertemuan dan pembagian
kelompok yang tidak seimbang berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Hasil
pembelajaran dilihat pada akhir pembelajaran. Setelah dilaksanakan pembelajaran
tari bedana menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ternyata
masih terdapat 6 siswa yang dinyatakan tidak mampu menarikan tari bedana
dengan baik dilihat dari segi hafalan ragam gerak dan kesesuaian tarian dengan
iringan musik dan 25 siswa yang dinyatakan mampu menarikan tari bedana
dengan baik.
Kata kunci : pembelajaran, tari bedana, model pembelajaran kooperatif tipe
STAD.
ABSTRACT
THE LEARNING OF BEDANA DANCE BY USING COOPERATIVE
LEARNING MODELS TYPE OF STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT
DIVISIONS (STAD) AT SMAN 1 SEPUTIH MATARAM IN 2014/2015
ACADEMIC YEAR
By
EVI KRISTIANINGSIH
This research explain about bedana dance learning by using cooperative learning
model type STAD in SMAN 1 Seputih Mataram in the academic year 2014/2015.
This research is aimed to describe the process and the result of learning
bedanadance.
This research used descriptive qualitative research. Sources of the data in this
research were the teacher and 31 students who follow bedana dance learning
process in XA class in SMAN 1 Seputih Mataram. Data collecting technique that
used in this research were observation, documentation, and interview. The
theories used in this study were learning, bedana dance, and coperative learning
model type STAD.
Learning process by using STAD was accomplished by the teacher in some
stages,those are: making a group which consist of 2 male students and 3 female
students, presentation of material in bedana dance, facilitated the students to do
activities in group, carried out examination, evaluaton of examination and
conclusion.but, in delivering the material, there were two stages that not
appropriate with the procedure in applyinglearning model type STAD correctly,
such as the group was uncoordinated correctly since in the first meeting and the
distribution of group was unbalacebased on students’ ability. The result of
learning could be seen in the end of learning process. After did the bedana dance
learning by using cooperative learning model type STAD, the data showed there
were 6 students who could not be able dancing bedana dance correctly, it could
be seen in memorize aspect in kinds of movement and suitability of the dance with
music and 25 students be able to dance bedana correctly.
Key words: learning, bedana dance, cooperative learning model type STAD.1113043018 Evi Kristianingsihevichristiani20@gmail.com