Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T07:43:08ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-17T07:26:00Z2016-06-17T07:26:00Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22574This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/225742016-06-17T07:26:00ZPENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG MATA PELAJARAN
GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR
PEMAHAMAN MATERI AJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 4
SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya berpikir pemahaman siswa.
Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir pemahaman
materi ajar berupa pemahaman faktual, konseptual, prosedural dan untuk
meningkatkan efektivita ssiswa melalui penggunaan media teka-teki silang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas.Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar
Sribhawono Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian tindakan ini menggunakan analisis
data (descriptive analysis) yang berlangsung sepanjang penelitian. Analisis data ini
dilakukan dengan pemaparan data masing-masing variabel dan indikator, serta analisis
deskripsi indikator pada masing-masing siklus untuk melihat pencapaian indikator
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teka-teki silang dapat
meningkatkan berpikir pemahaman seperti faktual, konseptual dan prosedural dan
efektif dalam mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar
Sribhawono. Pembelajaran selanjutnya agar menggunakan media pembelajaran ini
karena siswa merasa terpacu dalam berpikir pemahaman dan hasil belajar geografi
siswa meningkat.
Kata Kunci: Berpikir pemahaman materi ajar, media teka-teki silang, dan hasil belajar
ABSTRACT
The problem in this research is the low thinking students understanding this
study aims to improve understanding of the teaching materials in the form of
conceptual, factual and procedural understanding and to improve efective student
learning outcomes through the use of media crossword puzzle.
This study uses classroom action research. The subjects are students of XI IPS
4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawonoacademic year 2015/2016. This study uses data
analysis (descriptive analysis) which lasted throughout the study. The data analysis
was done with the presentation of the data each variable and indicators analysis
decriptions cycle to see the achievement of indicators.
The results show that crossword puzzles media can be used to development
understanding thinking skill in the conceptual, factual and procedural and efectif to
improve geography learning outcomes of students XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar
Sribhawono further learning should use this instruction of media because students are
encourased to think understanding and increase the learning outcomes.
Keywords: Thinking understanding of teaching materials and media crossword
puzzles1423031024 FRASTIKA ERYESMA ANWAR fheaanwar@yahoo.com