Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:20:34ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-15T03:53:01Z2016-06-15T03:53:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22505This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/225052016-06-15T03:53:01ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION
PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B
SD NEGERI 2 KESUMADADI
LAMPUNG TENGAHMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV B pada pembelajaran IPS di SD Negeri 2 Kesumadadi Lampung Tengah.
Tujuan peneitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui model cooperative learning tipe group investigation pada pembelajaran
IPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri
dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan
dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data
yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe
group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini
dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan aktivitas “Aktif”.
Aktivitas siswa pada siklus II menunjukkan aktivitas “Sangat Aktif”. Aktivitas
siswa dan persentase siswa aktif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Hasil belajar siswa pada siklus I dengan katagori “Baik” tetapi belum mencapai
ketuntasan. Dilanjutkan pada siklus II dengan katagori “Baik”. Hasil belajar dan
persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II telah mencapai
ketuntasan.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe group investigation.1113053126 Faradilla Abrina Putriabrina.510@gmail.com