Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:18:03ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-06-30T02:52:07Z2015-06-30T02:52:07Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10602This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/106022015-06-30T02:52:07ZMENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR
MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA
KELAS X SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014Kata kunci: bimbingan kelompok, percaya diri siswa dalam belajar
ABSTRAK
MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR
MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA
KELAS X SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Oleh
FATWA MUSTIKA ADJI
Masalah penelitian ini adalah percaya diri siswa dalam belajar. Permasalahannya
adalah “apakah percaya diri siswa dalam belajar dapat ditingkatkan melalui
layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Ratu
Lampung Timur tahun pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian untuk mengetahui
peningkatan percaya diri siswa dalam belajar melalui layanan bimbingan
kelompok. Metode penelitian adalah metode quasi eksperimen desain
nonequievalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa
dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing
terdiri dari 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi percaya
diri siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa
dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok, terbukti
dari hasil analisis data percaya diri siswa dalam belajar menggunakan uji
wilcoxon, dimana nilai probabilitas pada kelompok eksperimen diperoleh sebesar
0.002 < sig.0,05 sehingga Ha1 diterima dan Ha2 ditolak. Hal ini berarti bahwa
percaya diri dalam belajar meningkat secara signifikan pada kelompok
eksperimen setelah diberi layanan bimbingan kelompok. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa percaya diri siswa dalam belajar dapat ditingkatkan melalui
layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Ratu
Lampung Timur tahun pelajaran 2013/2014. Saran yang diberikan adalah kepada
(1) Siswa hendaknya mengikuti kegiatan bimbingan kelompok untuk
meningkatkan percaya diri siswa dalam belajar, (2) Guru bimbingan dan
konseling hendaknya mengadakan kegiatan bimbingan kelompok secara rutin
untuk meningkatkan percaya diri siswa dalam belajar (3) Peneliti lain yang akan
melakukan penelitian tentang percaya diri siswa dalam belajar dengan bimbingan
kelompok hendaknya dapat menggunakan subjek berbeda dan meneliti variabel
lain dengan mengontrol variabel yang sudah diteliti sebelumnya.1013052025 Fatwa Mustika Adjifatwamustikaadji@gmail.com