Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:12:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-06-21T07:07:15Z2017-06-21T07:07:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27129This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/271292017-06-21T07:07:15ZPENGARUH PERSEPSI GURU TERHADAP INTERNET DAN
ADOPSINYA
(Studi pada guru di 3 SMA Negeri yang senjang secara
digital di Kota Bandar Lampung)Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi pelajaran wajib dalam kurikulum
sekolah mulai dari SD sampai SLTA yang mengajarkan keterampilan komputer
dan internet sejak tahun 1994. TIK juga diimplementasikan dalam sistem sekolah
termasuk dalam proses belajar mengajar. Namun dalam pelaksanaannya di
lapangan ada sekolah-sekolah yang mengalami kendala, seperti tidak memiliki
laboratorium komputer, koneksitas internet, tenaga professional dalam bidang
TIK. Persepsi guru dalam menggunakan internet merupakan hal yang sangat
penting dalam mengimplementasikan TIK di sekolah, karena bagaimanapun,
persepsi guru terhadap penggunaan internet akan mempengaruhi sikap dan
perilakunya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh persepsi guru
terhadap internet dan adopsinya serta mengungkapkan persepsi guru terhadap
internet dan adopsinya di SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Metode dalam
penelitian ini adalah penelitian survei. Hasil uji beda menunjukan nilai thitung
22.565 > ttabel 1,97 maka Ho ditolak yang artinya ada perbedaan persepsi guru
ditiga SMA terhadap adopsi internet yang senjang secara digital. Hasil uji
pengaruh persepsi terhadap adopsi dengan menggunakan uji annova menunjukan
nilai Sig adalah 0,821> 0,05 maka tidak ada pengaruh antara persepsi guru
terhadap adopsi internet yang senjang secara digital di SMA Negeri Kota
Bandarlampung.
Kata Kunci : Adopsi, Persepsi, TIK
ABSTRACT
Information and communication technology into lessons compulsory in the
curriculum of schools ranging from elementary to admin, who teaches computer
skills and internet since 1994. TIK is also implemented in the school system are
included in the teaching and learning process. But in its implementation in the
field there are schools that suffered constraints, such as not having an internet
connection, computer lab, manpower professional in the field of TIK. Perceptions
of teachers in using the internet is very important in implementing TIK in schools,
teacher perceptions, however, because of the use of the internet will affect
attitudes and behavior. The purpose of this research is to know the influence of
teacher's perception towards the internet and foster and disclose the perception of
teachers towards the internet and foster high school in the city of Bandar
Lampung. The method in this research is a survey research. Test results showed
different values tcount 22,565 > ttable 1.97 then Ho is rejected, meaning there is a
difference of perception in three high school teacher against the adoption of the
internet devide. Test results influence perceptions towards adoption by using test
anova showed the value of Sig is 0.821 > 0.05 then no influence between the
perceptions of teachers towards the adoption of the internet devide digitally in
high school the country town of Bandar Lampung.
Key Words : Adoption, Perceptions, TIK 0916031046 Fendi Yuliantos_comic04@yahoo.com