Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:29:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-04-21T08:26:59Z2016-04-21T08:29:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21818This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/218182016-04-21T08:26:59ZPENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP
KEPUASAN PESERTA DIDIK KELAS XII SMA PADA LEMABA
BIMBINGAN BELAJAR GANESHA OPERATION UNIT
PANJAITAN BANDAR LAMPUNG TAHUN
PELAJARAN 2015/2016Keberhasilan jasa pendidikan dalam hal ini lembaga bimbingan belajar
ditentukan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pengguna
jasa pendidikan tersebut (dalam hal ini peserta didik). Pelayanan jasa dapat
dilihat dari beberapa indikator seperti : bentuk fisik (kebersihan gedung,
kenyamanan, kerapihan, dll); kepedulian (ramah dan perhatian tentang kesulitan
peserta didik, pelayanan tanpa memandang status sosial, dll); keandalan
(ketepatan jadwal pelajaran, pelayanan yang mudah, dll); ketanggapan (tindakan
pelayanan yang cepat dan tanggap); asuransi (jaminan mendapat pengajaran yang
baik dan guru yang profesional). Berdasarkan pengamatan pendahuluan di LBB
Ganesha Operation Unit Panjaitan Bandar Lampung kepuasan peserta didik masi
tergolong kurang karena terjadi penurunan selama 3 tahun terakhir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan
jasa terhadap kepuasan peserta didik kelas XII SMA pada LBB Ganesha
Operation Unit Panjaitan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan
pendekatan ex post facto dan metode survey. Sampel pada penelitian ini berjumlah
92 responden. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket. Variabel yang
digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat.
Untuk variabel bebasnya yaitu dimensi kualitas pelayanan jasa (X) yang terdiri
dari variabel bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4),
dan empati (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel kepuasan peserta
didik (Y).
Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan
regresi linear multipel. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis
dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05, maka hasilnya sebagai berikut : Ada
pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
peserta didik pada LBB Ganesha Operation Unit Panjaitan Bandar Lampung
Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan Fhitung >
Ftabel yaitu sebesar 21,843 > 2,727. Dengan demikian H1 diterima dan menolak
Ho.
Hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa variabel dimensi kualitas
pelayanan jasa masih efektif digunakan sebagai tolak ukur untuk mementukan
keberhasilan LBB Ganesha Operation Unit Panjaitan Bandar. Oleh karena itu,
perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap faktor-faktor dari
dimesi kualitas pelayanan jasa. Dengan peningkatan kualitas pelayanan yaitu
daya tanggap, bukti fisik, kehandalan, empati, dan jaminan terlebih dahulu agar
peserta didik kembali memilih LBB Ganesha Operation sebagai tempat yang
nyaman dan baik untuk belajar dan berlatih menuju masa depan dan cita-cita
yang diimpikan peserta didik. Dan juga agar visi misi perusahaan dapat terwujud
yaitu meningkatkan budaya belajar sisiwa dan menjadikan lembaga bimbingan
belajar yang terbaik dan terbesar di Indonesia.
Kata kunci : Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa, Kepusasan Peserta Didik, LBB
Ganesha Operation Unit Panjaitan1213031039 GUSMI ALKAFI gusmialkafi@yahoo.co.id