Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:41:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-02-11T07:06:24Z2014-02-11T07:06:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1043This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10432014-02-11T07:06:24ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER Keberadaan LKS IPA di SMP Negeri 1 Batanghari Lampung Timur sebagai salah satu
sumber belajar selain buku teks masih berisi ringkasan materi dan kumpulan soal-soal
sehingga belum mampu membantu siswa memperoleh pengalaman pembelajaran secara
langsung. LKS yang dibutuhkan siswa adalah mampu memandu siswa dalam
melaksanakan kegiatan guna memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung.
Berdasarkan kondisi tersebut, tujuan penelitian pengembangan ini adalah mewujudkan
bentuk LKS berbasis penemuan terbimbing, mengetahui hasil belajar siswa setelah
menggunakan LKS, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS tersebut.
Pengembangan ini diadaptasi berdasarkan prosedur pengembangan sebagai berikut : 1)
identifikasi kebutuhan, 2) perumusan desain pengembangan dan alat ukur keberhasilan,
3) pengembangan produk, 4) uji coba produk, 5) revisi dan produk siap digunakan oleh
siswa. Desain produk berdasarkan tahapan pembelajaran penemuan terbimbing yaitu 1)
pemberian masalah, 2) penyusunan data, 3) pengolahan dan analisis data,4) verifikasi
dan temuan, 5) Evaluasi. Sebelum LKS diujikan kepada siswa, LKS telah memenuhi uji
kelayakan, uji ahli isi, dan uji satu lawan satu. Produk yang dihasilkan sesuai tujuan
pengembangan yaitu LKS berbentuk petunjuk praktikum dengan tahapan penemuan terbimbing yang digunakan siswa sebagai panduan praktikum virtual hukum Ohm dan
hukum 1 Kirchoff menggunakan program simulasi PhET, LKS dinyatakan efektif
sebagai petunjuk praktikum karena 84,2 % siswa peserta uji kelompok kecil tuntas.
Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa adalah 87 dengan simpangan baku sebesar 11.
Kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan praktikum berdasarkan penilaian kinerja
adalah sangat baik dengan persentase sebesar 93,02 %. Hal ini didukung pula oleh sikap
siswa selama pembelajaran berlangsung yang sangat positif dengan persentase sebesar
82,83 %. Sedangkan, tanggapan siswa terhadap LKS hasil pengembangan ditentukan
menggunakan angket kemenarikan dan kemudahan. Kemenarikan LKS memperoleh
skor 3,17 dan kemudahan LKS memperoleh skor 3,05. Kesimpulannya LKS hasil
pengembangan dinyatakan menarik dan mudah digunakan oleh siswa sebagai petunjuk
praktikum.
Keyword : pengembangan, lembar kerja siswa, penemuan terbimbing NIKMATUL KHOIRIYAH Gunawan