Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T08:53:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-08-03T01:50:06Z2017-08-03T01:50:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27693This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/276932017-08-03T01:50:06ZPENGARUH LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI
VARIABEL DAN MENENTUKAN LANGKAH KERJA
PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN
NON-ELEKTROLITABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis inkuiri
terbimbing terhadap peningkatan keterampilan mengidentifikasi variabel dan me-
nentukan langkah kerja pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIPA di SMA YP Unila Tahun
Pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 8
sebagai kelas eksperimen (
siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol (
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan
desain non-equivalent pretest posttest control group design. Pengaruh LKS ber-
basis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam meng-
identifikasi variabel dan menentukan langkah kerja ditunjukkan oleh perbedaan
yang signifikan antara rata-rata n-gain siswa kelas eksperimen dengan rata-rata
n-gain siswa kelas kontrol. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian
ini meliputi uji perbedaan dua rata-rata dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan mengidentifikasi variabel pada kelas
kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,12 dan 0,69, sedangkan rata-rata n-gain
keterampilan menentukan langkah kerja pada kelas kontrol dan kelas eksperimen
sebesar 0,21 dan 0,69. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, kelas yang diterap-
kan LKS berbasis inkuiri terbimbing memiliki keterampilan mengidentifikasi
variabel dan keterampilan menentukan langkah kerja yang lebih tinggi daripada
kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa
penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non-
elektrolit berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan mengidentifikasi variabel
dan menentukan langkah kerja.
Kata kunci : LKS, inkuiri terbimbing, larutan elektrolit dan non-elektrolit,
keterampilan mengidentifikasi variabel, keterampilan menentukan
langkah kerja1313023034 HANNI DWIPUTRI hannii.d@outlook.com