Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:32:01ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-11T06:56:57Z2017-07-11T06:56:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27199This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/271992017-07-11T06:56:57ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MORAL REASONING DAN
MODEL SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN
SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN
EMOSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS
TERPADU KELAS VIII SMP N 19 BANDAR
LAMPUNG TAHUN PELAJARAN
2016/2017ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Moral
Reasoning dan model Simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan
memperhatikan kecerdasan emosional. Metode yang digunakan adalah metode
eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang
digunakan ialah desain treatment by level. Populasi penelitian ini sebanyak 11
kelas dengan jumlah 359 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas
dengan jumlah 59 siswa yang ditentukan dengan teknik clauster random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua
sampel independen. Hasil analisis data menunjukan
Kata kunci: keterampilan sosial, Moral Reasioning, Simulasi, kecerdasan
emosional.1313031042 HIJAH PERONIKAhijjahperonika23@gmail.com