Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:48:27ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-02-10T05:51:06Z2015-02-10T05:51:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6971This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69712015-02-10T05:51:06ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT SINOPSIS NOVEL REMAJA
MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS
ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
(PTK di Kelas VIII G SMP N 1 Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan
tahun Pelajaran 2012/2013)Pembelajaran Bahasa Indonesia pada umumnya belum menggunakan metode/strategi yang dapat
menarik minat belajar siswa. Rendahnya minat belajar disebabkan metode yang digunakan hanya
menggunakan metode ceramah, siswa tidak terbiasa menganalisa isi bacaan sehingga
Keterampilan Proses Membaca (KPM) siswa rendah. Rendahnya KPM berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa.
Dengan penerapan pembelajaran metode STAD (Student Teams Achievement Division) dapat
memberikan pengalaman bagi siswa agar tertarik terhadap pelajaran Bahasa Indonesia dan dapat
benar-benar memahami materi yang diberikan karena siswa melalui tahapan pembelajaran
STAD.
Berdasarkan hasil analisis KPM diketahui terjadi peningkatan KPM siswa setiap siklusnya. Pada
siklus I minat belajar siswa 59,72 dengan kategori “Cukup Baik”, dan siklus II minat siswa
iii
meningkat sebesar 10,77 menjadi 70,49 dengan kategori “Baik”. Nilai rata-rata hasil belajar
meningkat sebesar 8,3 % yaitu siklus I adalah 68,06 kategori “Tuntas”, dan pada siklus II
meningkat sebesar 8,33 menjadi 76,39 kategori “Tuntas”1013076002 HINDUN SUPRIATI