Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:42:03ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-31T05:34:36Z2014-05-31T05:34:36Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1818This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18182014-05-31T05:34:36ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN
KONSEP MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2012/2013)Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah empat kelas yang bukan merupakan kelas unggulan yaitu seluruh siswa kelas VIIIA-VIIID SMP Negeri 1 Terbanggi Besar sebanyak 136 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu VIIIB dan VIIIC. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa pemaham-an konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci : pemahaman konsep matematis, pengaruh, think pair shareHELDA GUSPIANI Hamdan