Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:37:07ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-20T01:54:16Z2014-05-20T01:54:16Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1669This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16692014-05-20T01:54:16ZPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS
BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN
TERHADAP LINGKUNGANPenelitian dan pengembangan dilakukan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran khususnya Silabus dan RPP yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Purbolinggo. Sampel penelitian ini siswa kelas VII B dan VII C yang belum mendapat materi perubahan fisika dan kimia, pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Data penelitian diperoleh dengan wawancara, uji ahli dan kuesioner. Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Potters yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli (uji ahli), revisi produk, dan uji lapangan. Pada tahap analisis kebutuhan guru sudah mengetahui mengenai perangkat pembelajaran yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, namun pada pelaksanaan pembelajaran belum memasukkan nilai ketuahanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Pada tahap pengembangan, dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berupa Silabus dan RPP bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, selanjutnya dilakukan validasi ahli yang diperlukan untuk mengetahui ketidaksesuaian atau kekurangan pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan, kemudian dilakukan perbaikan mengenai perangkat pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan hasil uji ahli. Tahap akhir dilakukan uji lapangan ditujukan kepada 59 siswa yang dibagi dalam 2 kelas
Rizki Aditasari
tahun ajaran 2013/2014. Hasil uji lapangan menunjukkan perangkat pembelajaran bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan efektif digunakan dalam pembelajaran, 100 % siswa uji telah tuntas KKM dengan hasil belajar secara keseluruhan berkriteria baik.
Kata kunci: Nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, penelitian pengembangan, perangkat pembelajaranRizki Aditasari Hariyadi