Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:27:44ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-23T08:48:02Z2015-12-23T08:48:02Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16163This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/161632015-12-23T08:48:02ZKUALITAS PELAYANAN PALANG MERAH INDONESIA (PMI) PROVINSI
LAMPUNG (Studi Pada Unit Donor Darah Cabang Pembina Provinsi Lampung)Pentingnya ketersedian akan darah di UDD-PMI mengharuskan PMI untuk selalu menjaga
jumlah dan kualitas dari darah yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan akan transfusi
darah. Namun sulitnya ketersediaan darah pada UDD-PMI disebabkan karena masih banyak
masyarakat yang tidak memahami pentingnya arti donor darah, hal ini dilihat dari banyaknya
masyarakat yang kesulitan mencari darah. Maka dari itu masyarakat yang mencari pasokan
darah di UDD-PMI ini sangat kesulitan dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Pernyataan ini didapat dari masyarakat yang kesulitan mencari darah.
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran dan menganalisis tentang tentang
Kualitas pelayanan PMI Provinsi Lampung di UDD Cabang Pembina Provinsi Lampung
dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kendala-kendala penghambat pelaksanaan
pelayanan di UDD-PMI Cabang Provinsi Lampung. Tipe penelitian yang digunakan adalah
tipe penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan PMI di UDD Cabang
Pembina Provinsi Lampung belum maksimal dan perlu dilakukan pembenahan. Hal ini
terlihat dari masih banyaknya kendala yang terjadi dalam pelaksanaan penyelenggaraan
pelayanan di UDD-PMI Cabang Pembina Provinsi Lampung. Untuk itu perlu adanya
sosialisasi kepada masyarakat mengenai arti donor darah.
Dalam penelitian ini ditemukan kendala dalam pelaksanaan pelayanan UDD-PMI Cabang
Pembina Provinsi Lampung yang terbagi menjadi kendala internal dan eksternal. Diantaranya
masalah lama waktu permintaan darah, jumlah pegawai, kurangnya pemahaman website,
sedikitnya jumlah pendonor sukarela.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, UDD-PMI
ABSTRACT
RED CROSS SERVICE QUALITY INDONESIA (PMI) Lampung Province (Study on
Blood Donor Unit Branch Lampung Province
The importance of the availability of blood at the UDD-PMI requires PMI to maintain the
quantity and quality of blood available to meet the need for blood transfusions. However hard
the availability of blood at the UDD-PMI is because there are still many people who do not
understand the importance of blood donation, it is seen from the number of people who have
difficulty looking for blood. Therefore people who are looking for the blood supply in the
UDD-PMI is very difficult and requires a long time. This statement is derived from the
people who have difficulty looking for blood.
The purpose of this study was to obtain an overview and analysis of the quality of services
PMI Lampung Province in Pembina Branch UDD Lampung Province in improving the
quality of services and constraints inhibiting implementation of services in the UDD-PMI
Lampung Province. This type of research is descriptive research type with qualitative
approach. While data collection techniques done with the interview, documentation and
observation.
The conclusion from this research is that the quality of service in the UDD Branch PMI
Lampung Province is not maximized and the need to reform. This can be seen from the
number of obstacles that occur in the implementation of the provision of services in the
UDD-Pembina PMI Lampung Province. For that we need for dissemination to the public of
the meaning of a blood donor.
In this research found problems in service delivery UDD-PMI branch builder Lampung
province is divided into internal and external constraints. Among the issues the length of time
the blood demand, the number of employees, lack of understanding of the website, at least the
number of voluntary donors.
Keywords: Quality of Services, Public Services, UDD-PMI1116041036 Hesti Agustina