Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:06:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-07-03T04:40:32Z2018-07-03T04:40:32Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32012This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/320122018-07-03T04:40:32ZPENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR
PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TERPADU
KELAS V SD NEGERI 1 PRINGSEWU SELATANMasalah dalam penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran terpadu yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and
Learning dengan Media Video terhadap hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi
experiment dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpuulan data pada penelitian ini
menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik pada model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Media Video. Data
analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis data diperoleh
simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning dengan Media Video terhadap hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran terpadu kelas V SD Negeri 1 Pringsewu Selatan.
Kata kunci : Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, Media Video,
pembelajaran terpadu.
ABSTRACT
The problem of the research is the completeness of the learners' learning
outcomes in the integrated learning is still low. This study aims to determine the
effect of using Contextual Teaching and Learning learning model with Media
Video on students learning outcomes in integrated learning. The method used in
this research is quasi experiment with nonequivalent control group design. This
research uses purposive sampling. Data collecting technique in this research use
test and observation sheet of learners activity on learning model Contextual
Teaching and Learning with Media Video. Data analysis using simple linear
regression. The result of data analysis obtained by the conclusion that there is
influence of the use of Contextual Teaching and Learning model with Media
Video to learners' learning result on integrated learning of class V SD Negeri 1
Pringsewu Selatan.
Keywords: Contextual Teaching and Learning with Media Video, integrated
learning, learning outcomes1443053030 IFAN AWANDAifan18396@gmail.com