Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:04:21ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-02T22:51:35Z2022-04-02T22:51:35Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57586This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/575862022-04-02T22:51:35ZPENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI
EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS
PESERTA DIDIK
(Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta didik Kelas VII
Semester Genap SMP N 3 Metro Tahun
Pelajaran 2018/2019)Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model Discovery Learning
terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas VII semester genap SMP
N 3 Metro pada pembelajaran IPA Biologi materi pokok ekosistem. Sampel
penelitian adalah peserta didik kelas VII E dan VII F berjumlah 63 peserta didik
yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah non-equivalent pretest-posttest control group design.
Data dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-test pada
kepercayaan 5% menggunakan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan literasi sains dengan nilai signifikasi 0,00 (p <
0,05). Hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran materi
iii
ekosistem menggunakan model pembelajaran Discovery Learning memiliki
persentase sebesar 80,72% dengan kriteria baik.
Kata kunci : discovery learning, ekosistem, kemampuan literasi sains1513024080 INDAH KUSTYA WINAHYU-