Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:54:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-10-24T04:47:20Z2018-10-24T04:47:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/38086This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/380862018-10-24T04:47:20ZPERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI
TEKANAN ZAT CAIR SISWA SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG
ANTARA MODEL GUIDED INQUIRY DAN
DISCOVERY LEARNINGPembelajaran saintifik yang digunakan dalam implementasi kurikulum 2013
mencakup lima aktifitas belajar mengamati, bertanya, melakukan percobaan atau
mencari informasi, melakukan penalaran atau asosiasi untuk mengolah informasi
dan mengembangkan jaringan atau mengkomunikasikan hasil investigasi. Salah
satu model pembelajaran saintifik dalam pembelajaran yang disarankan dalam
kurikulum 2013 adalah guided inquiry dan discovery learning. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara model guided
inquiry dan discovery learning pada materi tekanan zat cair siswa SMP Negeri 8
Bandar Lampung. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk
Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design, dengan
kelas eksperimen I yaitu kelas VIII A yang diberi perlakukan menggunakan model
guided inquiry, sedangkan kelas eksperimen II yaitu kelas VIII B menggunakan
model discovery learning. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan
skor N-gain sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Independent
Sample T-Test. Berdasarkan uji N-gain disimpulkan bahwa nilai hasil belajar
pada model guided inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model discovery
learning, yaitu 0,71 untuk model guided inquiry dan 0,57 untuk model discovery
learning. Hasil uji hipotesis statistik menggunakan Independent Sample T-Test
memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa antara
menggunakan model guided inquiry dengan model discovery learning.
Kata kunci : Discovery learning, Guided inquiry, Hasil belajar 1413022033 INDAH PERMATASARIindahps1496@gmail.com