Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:35:31ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-10-20T02:46:32Z2014-10-20T02:46:32Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4287This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/42872014-10-20T02:46:32ZPENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 2 LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada siswa kelas
IVA SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibahas
tentang cara meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema makananku sehat dan
bergizi menggunakan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan penelitian
ini terdiri dari tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan yang
dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi.Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh melalui lembar observasi dan tes
hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian berjumlah 33 orang. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran Problem
Based Learning pada tema “Makananku Sehat dan Bergizi” dapat meningkatkan
hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil belajar pada
siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 62,14% dan meningkatan pada
siklus II menjadi71,69%. Pada siklus III presentase nilai rata-rata ketuntasan hasil
belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 76,73% dengan kategori “baik”.
Penilaian kinerja guru mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh persentase
nilai sebesar 63,33 meningkat pada siklus II menjadi 73,33. Pada siklus III
meningkat sebesar 83,33 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil
penelitian, disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based
Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema makananku sehat dan
bergizi pada siswa kelas IVA SD Negeri 2 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran
2013/2014.
Kata kunci: Hasil belajar, model Problem Based Learning1013053014 INDAH SURIYANAsuriyana.indah@yahoo.com