Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:56:44ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-05T07:09:31Z2017-07-05T07:09:31Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27160This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/271602017-07-05T07:09:31ZPENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER
LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA
KELAS IV SD NEGERI 9 METRO BARAT
Permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata
pelajaran PKn yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 9 Metro
Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 9
Metro Barat.
Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak
yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas.
Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, nilai ratarata
posttest kelas eksperimen 75,48 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas
kontrol 67,95. Perbandingan nilai N-gain kelas eksperimen 0,43 termasuk dalam
kriteria sedang, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,33 termasuk dalam
kriteria sedang. Hasil uji hipotesis melalui Indipendent Sample t-test diperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,020, jika dibandingkan dengan ketetapan
α = 0,05, maka nilai 0,020 < 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak dengan
kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi
pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, peer lessons, PKn. 1313053076 IRA MAYA SARIiramayasari90@gmail.com