Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:56:27ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-02-05T05:53:06Z2015-02-05T05:53:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6928This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69282015-02-05T05:53:06ZMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY
TWO STRAY PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN BAGI
SISWA KELAS IV SDN 1 SUKABANJAR KECAMATAN
GUNUNGALIP KABUPATEN TANGGAMUS
TAHUN PELAJARAN 2014/2015ABSTRAK
Berdasarkan pengamatan, aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema berbagai pekerjaan kelas IV SDN 1 Sukabanjar tahun pelajaran 2014/2015 masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray pada siswa kelas IV SDN 1 Sukabanjar Kecamatan Gunungalip kabupaten Tanggamus.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode tindakan kelas yang dikenal dengan clasroom action research. Pelaksanaan tindakannya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diawali dengan prapenelitian, siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar dari siklus I pertemuan ke I nilai rata-rata 60. Sedangakan siklus I pertemuan ke II nilai rata-rata 62,86 dan siklus ke II nilai rata-rata mencapai 74,29. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya, yaitu 58,93 pada prapenelitian, naik menjadi 61,43 pada siklus I, dan pada siklus I pertemuan ke II meningkat menjadi 62,86. Hasil belajar pada siklus II yang merupakan siklus terahir telah mencapai standar ketuntasan minimal 65.
Kata kunci : two stay two stray,aktivitas,hasil belajar.1313093058 ISTIKHAROH