Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:22:12ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-17T06:40:38Z2017-07-17T06:40:38Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27256This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/272562017-07-17T06:40:38ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI
DAN INFERENSI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran meng-gunakan LKS berbasis problem solving pada materi asam-basa untuk mening-katkan keterampilan memprediksi dan inferensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung semester genap Tahun 2016-2017 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Pretest- Posttest Control Group Design. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan n-gain yang sig-niifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan didukung oleh data keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelaksanaan pem-belajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampu¬an guru. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata n-gain keterampilan mempre¬dik-si untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71 dan keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa secara statistik keterampil-an siswa dalam memprediksi dan inferensi menunjukkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas yang menggunakan pembelajaran LKS kon¬ven-sional dengan kelas yang menggunakan LKS berbasis problem solving. Data pendukung berupa keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelak¬sana-an pembe-lajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampuan guru memiliki penilaian berkategori sangat tinggi. Hal ini menun¬juk-kan bahwa pembelajaran materi asam-basa menggunakan LKS berbasis problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan infernsi siswa.
Kata kunci: asam-basa, keterampilan memprediksi dan inferensi siswa, LKS berbasis problem solving.
1313023042 ISTIQOMAHistiqomahiis0301@gmail.com