Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:32:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-03-01T01:43:26Z2016-03-01T01:43:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21295This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/212952016-03-01T01:43:26ZPERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BUKU SISWA
BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN
LINGKUNGAN DENGAN BUKU SISWA KONVENSIONAL
MELALUI MODEL PBLSelama ini buku siswa fisika yang ada cenderung hanya menekankan kemampuan siswa pada aspek kognitif saja. Sementara, Kurikulum 2013 yang diterapkan oleh pemerintah menekankan 3 aspek yang harus dibelajarkan kepada siswa, yakni afektif, kognitif, dan psikomotor. Pembelajaran yang mengintegrasikan ketiga aspek ini, perlu didukung dengan bahan ajar yang memuat instruksi pembelajaran sehingga mengarahkan siswa untuk menguasai ketiga aspek tersebut. Menindaklanjuti penerapan Kurikulum 2013, telah dikembangkan Buku Siswa Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan yang telah tervalidasi konstruk/isi oleh para ahli, namun belum tervalidasi empirik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar menggunakan Buku Siswa Konvensional yang telah digunakan di Sekolah dengan Buku Siswa Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan dalam pembelajaran, sehingga mampu dijadikan sebagai Buku Siswa alternatif untuk membelajarkan materi Perubahan di Sekitar Kita. Prosedur penelitian meliputi
Izzatunnisa
iii
observasi penelitian untuk menentukan populasi dan sampel, serta pelaksanaan penelitian yang terdiri dari meyusun perangkat pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 22 Bandar Lampung, dengan sampel penelitian kelas VII-A sebagai kelas kontrol yang menggunakan Buku Siswa Konvensional, dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Buku siswa Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan. Data hasil penelitian, selanjutnya diolah secara statistik dan matematis, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa secara matematis, rata-rata hasil belajar pada ranah afektif, kognitif, psikomotor, dan nilai akhir menggunakan Buku Siswa Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan lebih tinggi daripada menggunakan Buku Siswa Konvensional. Perbandingan nilai akhir afektif yang menggunakan Buku Siswa BNKKL dengan Buku siswa Konvensional 3,66 : 3,54, serta nilai akhir kognitif dan psikomotor 3,33 : 2,64..
Kata kunci: hasil belajar, Buku Siswa Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan, Buku Siswa Konvensional, model PBL. 1213022029 IZZATUNNISAizzatunnisa@gmail.com