Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:34:38ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-06T08:25:04Z2014-05-06T08:25:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1484This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14842014-05-06T08:25:04ZPENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN
AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH
SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
(Studi Experimen Pada Siswa Kelas X Semester Genap
SMAN 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung
Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013)Hasil observasi di SMA Negeri 1 Seputih Mataram pada bulan November 2012,
diketahui bahwa selama proses pembelajaran guru kurang mengoptimalkan
penggunaan media pembelajaran, kurang merangsang aktivitas dan menggali
penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media audio-visual terhadap peningkatan aktivitas belajar dan
penguasaan konsep oleh siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan desain pretes postes
kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XC sebagai kelas
eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster
random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain
Made Puja Satyawan
iii
yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U melalui SPSS 17. Data
kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar dan penguasaan konsep
oleh siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan sebesar 6,88%±0,04, penguasaan konsep siswa
meningkat dengan rata-rata N-gain 51,18±15,03. Uji normalitas dan uji U ratarata
N-gain indikator penguasaan konsep, C2, C3 dan C5 berbeda tidak signifikan,
C4 dan C6 berbeda signifikan. Data peningkatan indikator penguasaan konsep
kelas eksperimen semua indikator meningkat dengan kriteria sedang. Sebanyak
91% siswa lebih termotivasi, 6% siswa merasa bosan, 100% siswa merasa senang,
84% siswa lebih mudah memahami materi, dan 9% siswa lebih sulit mengerjakan
soal setelah belajar menggunakan media audio-visual. Dengan demikian dapat
disimpulkan pembelajaran menggunakan media audio-visual sebagai media
pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan
konsep oleh siswa.
Kata kunci : Aktivitas belajar, media audio-visual, pencemaran lingkungan,
penguasaan konsep.MADE PUJA SATYAWAN I Nengah Sriwenten