Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:17:01ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-02-13T07:55:33Z2018-02-13T07:55:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30327This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/303272018-02-13T07:55:33Z
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA KELAS IV
SDN 4 SAWAH LAMA KECAMATAN TANJUNG KARANG
TIMUR KOTA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2017/2018
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 4 Sawah Lama Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 4 Sawah Lama Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandar Lampung. Penelitian ini, terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian aktivitas siswa siklus I jumlah siswa 25 siswa terdapat 19 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa mencapai 76%. Siklus II terdapat 22 orang siswa yang aktif. Persentase keaktifan siswa mencapai 88% siswa yang aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa pada siklus I dari jumlah 25 orang siswa terdapat 20 orang siswa tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 80%. Siklus II terdapat 23 siswa tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 92%.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, STAD
1513069023 Ida Subaidahanizakurnia0408@gmail.com