Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:35:09ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-10-27T06:24:04Z2017-10-27T06:24:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28967This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/289672017-10-27T06:24:04ZANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PREFERENSI KONSUMEN
BERAS ANALOG DI KELURAHAN WAY KANDIS KECAMATAN
TANJUNG SENENG BANDAR LAMPUNGBeras analog merupakan produk beras dari bahan non padi dan memiliki bentuk
menyerupai beras pada umumnya. Beras analog yang dihasilkan umumnya
berbentuk butiran/granule, ada yang berwarna putih dan agak kekuningan, dan
beraroma khas singkong. Produk ini memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik
sekali dikonsumsi bagi penderita diabetes. Oleh karena itu akan didirikan usaha beras
analog berbahan dasar ubikayu di Way Kandis, Kecamatan Tanjung Seneng, Bandar
Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha beras
analog dan mengetahui preferensi konsumen terhadap produk beras analog
berbahan ubikayu. Hasil analisis kelayakan financial dinyatakan layak, terbukti
dengan nilai NPV (Net Present Value) (Rp269255452.03), IRR (Internal Rate of
Return) (32%), B/C Ratio (2.49), dan PBP (Payback Periode) (3.62 tahun). Hasil
analisis preferensi konsumen atribut yang termasuk pada kuadran I adalah
promosi. Kuadran II terdapat enam atribut yaitu harga, manfaat, motivasi,
kemudahan membeli, komposisi, dan anggota keluarga. Atribut yang termasuk
pada kuadran III adalah bonus, merk, informasi, tempat, tenaga penjual, orang
lain, dan teman dan tidak ada atribut yang terletak pada kuadran IV. Hal ini
menunjukkan bahwa kinerja beras analog tidak ada yang berlebihan dan tidak
perlu menurunkan atribut.
Kata kunci : beras analog, kelayakan, preferensi konsumen
abstract
Artificial rice is a product of non-rice ingredients and has a shape resembling rice
in general. The resulting rice is commonly in the form granule, some of wich are
white and slightly yellowis, and smelled typical of cassava. This product has a
low glycemic index so it good consumered for diabetics. Therefore, an artificial
cassava based business will be established Way Kandis, Tanjung Seneng District,
Bandar Lampung. This studyaims to determine the feasibility of artificial rice
business and know the preferences of consumers to artificial rice products made
from cassava. The result of financial feasibility analysis is declared feasible,
proved by the value of NPV (Net Present Value) (525.618.459), IRR (48%), B/C
ratio (3.92), and PBP (Pay Back Period) (2,73 years). The result of consumer preference
attribute analysis which is included in quadrant I is promotion. Quadrant II there are enem
attributes of price, benefits, motivation, ease of purchase, composition, and family
members. Attributes included in quadrant III are bonus, brand, information, place, sales
person, other persob, and friend and no attribute is located in quadrant IV. This shows
that the performance of artificial rice is not excessive and does not need to decrease
attributes.
Keyword : artificial rice, feasibility, consumer preference1524051006 IkrarTriastutiikrar.astuti@gmail.com