Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:07:01ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-05-04T03:45:00Z2015-05-04T03:45:00Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9651This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/96512015-05-04T03:45:00ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERALIHAN MEREK
PADA PENGGUNA KARTU TELEPON GENGGAM
DI KOTA BANDAR LAMPUNGABSTRAK
Peralihan merek adalah saat dimana seorang pelanggan atau sekelompok
pelanggan berpindah kesetiaan dari satu merek sebuah produk tertentu ke merek
produk lainnya. Isu mengenai peralihan merek mulai berkembang seiring dengan
situasi persaingan bisnis yang semakin ketat sehingga menyebabkan kebutuhan
konsumen tidak lagi terbatas pada fungsi utama yang bisa diberikan pada suatu
produk, tetapi berkembang menjadi kebutuhan sekunder yaitu keinginan pada
suatu merek.
Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat peralihan merek yang merupakan
salah satu indikator rendahnya loyalitas pelanggan SIM Card saat ini dan sulitnya
para operator seluler dalam mempertahankan dan meningkatkan pasar. Adapun
perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah atribut produk, harga,
promosi, dan distribusi produk yang mempengaruhi peralihan merek telepon
genggam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah atribut produk, harga,
promosi, dan distribusi produk yang mempengaruhi peralihan merek telepon
Imam Holy Saputra
genggam. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Ada pengaruh
atribut produk, harga, promosi, dan distribusi produk yang mempengaruhi
peralihan merek telepon genggam.
Berdasarkan hasil pembahasan hasil statistik melalui regresi linear berganda
membuktikan faktor atribut produk (X1), faktor harga (X2) dan faktor promosi
(X3) serta factor distribusi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap
peralihan merek pengguna kartu telepon genggam.
Faktor atribut produk (X1), faktor harga (X2) dan faktor promosi (X3) serta factor
distribusi berpengaruh secara simultan terhadap peralihan merek pengguna kartu
telepon genggam sebesar 38,50 % dan sisanya sebesar 61,50% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.
Hasil analisis kuantitatif membuktikan bahwa faktor distribusi merupakan
pengaruh dominan bagi konsumen dalam membuat keputusan untuk beralih
menggunakan kartu telepon genggam, hal tersebut berdasarkan nilai β sebesar
0,0,291 diikuti masing-masing faktor harga (X2=0,250), promosi (X3= 02,220),
dan atribut produk (X1= 0,207) didalam Peralihan Merek Kartu Telepon
Genggam.0541011072 Imam Holy Saputraimamholysaputra@yahoo.co.id