Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:23:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-02-03T04:03:33Z2014-02-03T04:03:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/638This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6382014-02-03T04:03:33ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN
MENGGUNAKAN METODE INTERAKTIF PADA SISWA
KELAS V SD NEGERI 1 DURIAN PAYUNG
BANDAR LAMPUNGPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman di SDN 1 Durian Payung Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode interaktif pada siswa kelas V SDN 1 Durian Payung Bandar Lampung.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui siklus-siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari: (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan, (3). Observasi, (4). Refleksi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode interaktif berhasil meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dalam siklus I, bahwa rata-rata test keterampilan membaca pemahaman dengan nilai 63 memiliki persentase sebesar 36,36%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata test keterampilan membaca pemahaman dengan nilai 69 memiliki persentase sebesar 75,75%.
Kata Kunci: Membaca pemahaman, metode pembelajaran interaktifSuhainah Inah