Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:19:37ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-06-26T04:27:14Z2015-06-26T04:27:14Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10483This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/104832015-06-26T04:27:14ZKOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE
DAN STUDENT TEAM ACHIEVEDMENT DIVISION (STAD) DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN
MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dan peningkatan
hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dan
STAD pada materi Uang dan Perbankkan pada siswa kelas X SMA Negeri 15
Bandar Lampung. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15
Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Melalui teknik cluster random
sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2
sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan
model Picture and Picture sedangkan kelas kontrol menggunakan model STAD.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Data dianalisis
dengan menggunakan ANOVA dua jalan dan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi tes akhir 98 dan nilai
terendah tes akhir 63 dengan rata-rata 79,50. Kelas kontrol yang memperoleh nilai
tertinggi tes akhir 96 dan nilai terendah tes akhir 60 dengan rata-rata 73,75. Hasil
uji kelas eksperimen sebesar 0,527 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,412.
Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan model Picture and Picture lebih baik
dari pada model STAD dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Picture and Picture, STAD.1113031040 Isra Selvy Rolinaisra_selvy@yahoo.com