Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:36:11ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-06-29T02:50:23Z2018-06-29T02:50:23Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31854This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/318542018-06-29T02:50:23ZSTUDI EFEKTIVITAS RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA
MOTOR PADA SIMPANG BERSINYALMeningkatnya jumlah kendaraan sepeda motor, menyebabkan kemacetan pada
simpang bersinyal di Kota Bandar Lampung. Sebagai upaya untuk mengurangi
kemacetan tersebut pemerintah Kota Bandar Lampung membuat sebuah Ruang
Henti Khusus (RHK) sepeda motor. RHK adalah sebuah ruang yang di khususkan
untuk kendaraan sepeda motor untuk mengatur tempat antrian sepeda motor
dengan kedaraan lainnya pada saat berhenti di pendekat simpang bersinyal selama
nyala merah. Peneltian ini bertujuan untuk menguji efektivitas RHK sepeda motor
pada simpang bersinyal, dan dampaknya terhadap peningkatan arus jenuh dan
kapasitas pendekat dibandingkan dengan pendekat tanpa RHK. Untuk menguji
efektivitas dan dampak dari RHK dilakukan survei arus lalu lintas pada waktu
puncak pagi dengan bantuan video kamera di tiap pendekat terpilih. Data survei
yang diperoleh dianalisis menggunakan MKJI dan dibandingkan dengan
peneletian terdahulu. RHK meningkatkan arus jenuh 7,3% - 17,5% dan kapasitas
pendekat 37,67% - 52,09%. Sehingga RHK efektif untuk disediakan pada
simpang bersinyal. Nilai tingkat keterisian RHK di Jl. P. Diponegoro - Jl. P.
Diponegoro dan di Jl. Jend. Sudirman - Jl. Gajah Mada - Jl. Jend. Sudirman
adalah kurang dari 50% sehingga terbilang buruk, sedangkan nilai tingkat
keterisian RHK di Jl. Jend. Sudirman - Jl. Jend. Sudirman dan Jl. Dr. Susilo - Jl.
P. Diponegoro adalah 50-80% sehingga terbilang sedang.
Kata kunci : Ruang Henti Khusus, simpang bersinyal, efektivitas RHK, arus
jenuh, kapasitas pendekat
ABSTRACT
The increasing number of motorcycle vehicles, causing traffic congestion at the
signal intersection in Bandar Lampung City. As an effort in reducing congestion,
the government of Bandar Lampung city made Special Stopping Space (RHK) for
motorcycles. The RHK is a space dedicated to arrange motorcycle queue place
when stop at the signalized intersection during traffic light period. This study aims
to examine the effectiveness of RHK at the signalized intersection, and it’s impact
on saturation current increase and approach capacity compared to approach
without RHK. The effectiveness and impact of RHK, was conducted by surveying
traffic flow in the morning during peak hours using camera video in each selected
approaches. The survey data obtained were analyzed using MKJI and compared
with previous research. RHK increases saturation flow 7,3% - 17,5% and
approach capacity 37,67% - 52,09%. In conclusion RHK is effective to be
provided in signal intersection. Value of RHK filling level at Jl. P. Diponegoro -
Jl. P. Diponegoro and Jl. Jend. Sudirman - Jl. Gajah Mada - Jl. Jend. Sudirman is
less than 50% that indicates bad while at Jl. Jend. Sudirman - Jl. Jend. Sudirman
and Jl. Dr. Susilo - Jl. P. Diponegoro is 50% - 80% that indicates moderate.
Keyword : RHK (SSSM : Special Stopping Space for Motorcycle), signal
intersection, effectiveness of RHK, saturation current, capacity of the approach1415011076 JESICHA NAINGGOLAN jesichanainggolan@gmail.com