Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:14:34ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-19T09:01:03Z2015-08-19T09:05:39Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11858This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/118582015-08-19T09:01:03ZPENGARUH CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS
PENGGUNA GAWAI BLACKBERRY
DI BANDAR LAMPUNGabstrak indonesia
Merek harus memiliki sebuah identitas yang jelas dan citra yang kuat di benak
konsumen. Citra merek yang kuat dibentuk dari 3 unsur yaitu keunggulan asosiasi
merek (favorability of brand association), kekuatan asosiasi merek (strength of brand
association) dan keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand association). Semakin
kuat citra merek di benak pelanggan semakin kuat rasa percaya diri pelanggan untuk
tetap loyal atau setia terhadap produk yang dibelinya.
Permasalahan dalam penelitian ini : “Apakah citra merek berpengaruh terhadap
loyalitas pengguna smartphone Blackberry di Bandar Lampung”. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap loyalitas pengguna
smartphone Blackberry di Bandar Lampung.
Objek penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Bandar Lampung yang
menggunakan smartphone Blackberry lebih dari dua tahun. Desain penelitian ini
Joshua Fanny Permadi Putra
adalah deskriptif verifikatif dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif maka
dalam penelitian ini digunakan analisis linear berganda. Untuk melihat kontribusi
variabel bebas secara parsial digunakan uji t dan untuk menguji hipotesis digunakan
uji F.
Hasil uji R2 sebesar 0,662 menunjukkan bahwa variabel faktor-faktor Citra Merek (X)
yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan
asosiasi merek mempengaruhi variabel Loyalitas (Y) sebesar 66,2%, dan sisanya
sebesar 34,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pada hasil uji t diketahui bahwa t hitung dari variabel citra merek lebih besar dari t
tabel yaitu 1,985.
Hasil pengujian hipotesis dengan tingkat kepercayaan 95% atau dengan nilai α = 0,05
(5%) diperoleh F hitung > F tabel yaitu 62,771 > 2,70, maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel citra merek yang terdiri
dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi
merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna Gawai
Blackberry di Bandar Lampung.
Kata kunci : Citra merek, keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek,
keunikan asosiasi merek, loyalitas1111011066 JOSHUA FANNY PERMADI PUTRAjoshuafanny@gmail.com