Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:07:49ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-08-07T08:29:42Z2017-08-07T08:29:42Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27781This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/277812017-08-07T08:29:42ZPENGEMBANGAN MODEL ASESMEN KINERJA SISWA
KELAS V PADA PEMBELAJARAN TERPADU
BERBASIS LITERASI SAINS
ABSTRACT
This research aims to develop valid and reliable performance assessment
instruments. The method used is research and development that refers to the
stages Borg and Gall. The population are elementary school in Pringsewu District
that have implemented the 2013 curriculum, amounted 21 schools. The sample of
the research one school selected at random. Data collections tool used the
interview guide, questionnaires, observation sheets and documents. The Data
analysis used in this research activity is descriptive qualitative data and
quantitative descriptive. The results of this research indicate assessment products
are valid and reliable instrumens, validity test result rcount ˃ rtable and reliability
test result 0.862, have very high reliability criteria. This performance assessment
provides more opportunities teacher to recognize their students, because in reality
not all students who are less successful in essay tests are automatically to be
unskilled or not creative. Thereby the performance assessment completed the
other judgments.
Key words: Performance Assessment, Literacy Science, Integrated Learning
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument asesmen kinerja siswa yang
valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
yang mengacu pada tahapn-tahapan Borg and Gall. Populasinya Sekolah Dasar di
Kabupaten Pringsewu yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, berjumlah 21
sekolah, sampel penelitian adalah 1 Sekolah yang dipilih secara random. Alat
pengumpul data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, lembar
observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam kegiatan penelitian
ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian ini menunjukkan instrumen asesmen yang valid dan reliabel, hasil uji
validitas rhitung ˃ rtabel dan hasil uji reliabilitas mendapat 0.862, mempunyai kriteria
reliabilitas sangat tinggi. Asesmen kinerja ini memberi peluang yang lebih
banyak kepada guru untuk mengenali siswanya, sebab pada kenyataannya tidak
semua siswa yang kurang berhasil dalam tes esai secara otomatis dikatakan tidak
terampil atau tidak kreatif. Dengan demikian penilaian kinerja melengkapi
penilaian lainnya.
Kata Kunci: Asesmen Kinerja, Literasi Sains, Pembelajaran Terpadu 1423053043 JUMIATI jujusiswoyo55@gmail.com