Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:57:12ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-04-05T06:19:47Z2018-04-05T06:19:47Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30871This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/308712018-04-05T06:19:47Z
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN
METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD
NEGERI SUMBER JAYA KECAMATAN JATI AGUNG
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
TAHUN AJARAN 2017/2018
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya Jati Agung Lampung Selatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dannon tes, teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa dan mengetahui hasil belajar siswa. Sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui observasi.
Setelah dilakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II secara signfikan. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus I dan siklus II, dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.
Kata Kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, metode demonstrasi
1513069018 JUNIDA SARI junidasari90@gmail.com