Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:41:40ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-01-11T04:06:29Z2014-01-11T04:06:29Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/262This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2622014-01-11T04:06:29ZEfektivitas Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI)
Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa
Pada Materi Laju Reaksi KimiaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Mendeskripsikan efektivitas
model pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI) pada materi laju
reaksi dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA SMA Negeri
1 Bandar Lampung semester genap Tahun 2011-2012 dengan kelas XI IPA 3 dan
XI IPA 1 sebagai sampel. Penelitian ini mengunakan metode kuasi eksperimen
dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran
SBEI diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian
menunjukkan nilai rerata n-gain penguasaan konsep siswa untuk kelas kontrol dan
eksperimen masing-masing 0,10 dan 0,64.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata
dengan uji t’. Berdasarkan pengujian hipotesis, kelas yang diterapkan model
pembelajaran SBEI memiliki nilai penguasaan konsep yang lebih tinggi dari pada
kelas yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil pengujian
hipotesis disimpulkan bahwa model pembelajaran SBEI efektif dalam
meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi laju reaksi kimia.
Kata kunci: Laju reaksi, SBEI, penguasaan konsep.JOHAN ADHI NUGROHO Johannes