Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:11:41ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-03-07T03:46:24Z2016-03-07T03:46:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21511This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/215112016-03-07T03:46:24ZPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 3 WAY TERUSAN SP 3 BANDAR MATARAM LAMPUNG TENGAHTujuan penelitian ini adalah (1) untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan
model jigsaw, (2) mendeskripsikan proses pembelajaran, (3) Mendeskripsikan
peningkatan prestasi belajar pada pelajaran IPS melalui model jigsaw.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian
tindakan kelas ( classroom action research). Dengan subjek penelitian siswa kelas
V SDN 3 Way Terusan SP 3, sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa.
Data dikumpulkan dengan cara observasi dan analisis secara deskripstif.
Hasil dari penelitian ini : (1) perencanaan tindakan diawali dengan penyususnan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang disusun berdasarkan langkahlangkah
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw, (2)
proses pembelajaran IPS dengan metodjigsaw, (3) peningkatan prestasi belajar
siswa siklus I rata-rata sebesar 63%, siklus II mengalami peningkatan dengan ratarata
sebesar 72% pada siklus III sebesar 85%.
Kata kunci: desain pembelajaran, prestasi, model pembelajaran jigsaw.
The purpose of this study were (1) to improve the learning process by using a
jigsaw models, (2) describe the learning process, (3) describe the learning
achievement in social studies through the model jigsaw.
The method used is to use action research methods class (classroom action
research). With research subjects fifth grade students of Elementary School State
3 Way Terusan SP 3, the sample in this study amounted to 40 students. Data
collected by observation and analyzed descriptively.
Results from this study: (1) planning the action begins with the preparation of
Learning Implementation Plan (RPP), which is based on measures of learning by
using learning model jigsaw, (2) the learning process socia studies with jigsaw
method, (3) an increase student achievement first cycle an average of 63%, the
second cycle increased by an average of 72% in the third cycle of 85%.
Keywords: design procedure, achievement, jigsaw model.1023011031 Joko Susantojoko.susanto@gmail.com