Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:34:51ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-03-01T05:04:05Z2017-03-01T05:04:05Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25889This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/258892017-03-01T05:04:05ZEfektifitas Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Penerapan
Prinsip – Prinsip Good Governance di TNI AU
(Studi pada akun @_TNIAU)Media sosial twitter membuka peluang baru bagi instansi maupun lembaga
pemerintah dalam berkomunikasi dan membina hubungan dengan publik. Salah
satu instansi negara yang menggunakan twitter sebagai media relations adalah
TNI Angkatan Udara. Akun twitter @_TNIAU merupakan akun resmi dari TNI
AU. Akun ini mulai aktif pada tahun 2012 dan sudah terverifikasi resmi dari
twitter. Pada pertengahan 2016, akun ini menjadi viral di dunia maya dikarenakan
tampil dengan pendekatan yang berbeda dari akun – akun instansi pemerintah
lainya. Admin dari akun @_TNIAU dalam menyampaikan cuitan kepada para
pengikutnya, menggunakan bahasa gaul yang seakan tidak merepresentasikan
sebuah akun resmi dari TNI AU. Hadirnya akun @_TNIAU mendukung
kebijakan pemerintah dalam menyelenggarakan good governance pasca
reformasi. Pemerintah dituntut untuk mulai mengembangkan dimensi
keterbukaan, mudah diakses, accountable dan transparan. Instansi dan lembaga
pemerintah mulai menyadari untuk membangun pemerintahan yang sehat, bersih
dan berwibawa, termasuk didalamnya instansi TNI AU. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori uses and effect. Tipe penelitian ini adalah
eksplanasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel 100
responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan perhitungan
dengan rumus regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa twitter efektif dalam
menerapkan prinsip – prinsip good governance sebesar 25,4% sedangkan sisanya
74,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hipotesis yang diajukan diterima, terbukti
dengan t hitung lebih besar dari t tabel (5,773>1,661).
Kata kunci: Good Governance, Media Sosial, Twitter, TNI AU.
abstract
Twitter social media open up new opportunities for institutions and
government agencies to communicate and build relationships with the public. One
of the state agencies that use twitter as media relations is the Indonesia Air Force.
Twitter account @_TNIAU an official account of the Indonesia Air Force. This
account was active in 2012 and it has been verified from the official twitter. In
mid-2016, this account went viral in cyberspace due to appear with a different
approach from the accounts other government agencies. Admin account
@_TNIAU in conveying nudge to his followers, using the slang seemed not
represent an official account of the Air Force. The presence @_TNIAU account
support government policy in implementing good governance after the reform.
Governments are required to begin developing the dimension of openness,
accessible, accountable and transparent. Institutions and government agencies
began to realize to build a government that is healthy, clean and respectable,
including the Air Force agencies. The theory used in this research is the theory of
the uses and effects. This type of research is explanatory by using quantitative
methods. The total sample of 100 respondents who are determined using the
formula Slovin. Technic used data collection was a questionnaire. Based on the
calculation simple linear regression formula can be seen that twitter effective in
applying the principles of good governance by 25.4% while the remaining 74.6%
is influenced by other factors. The proposed hypothesis is accepted, as evidenced
by t is greater than t table (5.773> 1.661).
Keywords: Good Governance, Social Media, Twitter, Indonesia Airforce1216031056 M. HANIEFAN MUSLIM haniefmuslim@gmail.com