Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:24:13ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-03-22T07:30:24Z2022-03-22T07:30:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55436This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/554362022-03-22T07:30:24ZPENGARUH DIMENSI KEMASAN PRODUK TERHADAP PERSEPSI
KONSUMEN TENTANG PENGGUNAAN ULANG KEMASAN PRODUK
(STUDI PADA KONSUMEN STATIONERY DI BANDAR LAMPUNG)Dewasa ini isu tentang pencemaran lingkungan sangatlah kuat, produk stationery
adalah satu dari sekian produk yang menjadi penyumbang limbah di lingkungan
yang sulit diuraikan, para produsen produk stationery yang menaruh perhatian
pada fenomena ini menciptakan suatu kemasan produk multifungsi yang dapat
digunakan berulang kali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh dimensi kemasan produk (bentuk kemasan, bahan baku kemasan, label
kemasan, warna kemasan dan ukuran kemasan) terhadap persepsi konsumen
tentang penggunaan ulang kemasan produk.
Data diperoleh melalui kuesioner yang di distribusikan kepada 100 responden
mengguanakan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini dipilih
berdasarkan populasi pada objek penelitian ini, yaitu konsumen dari produk
stationery di Bandar Lampung. Analisis Linier berganda adalah model analisis
yang digunakan pada penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa label yang dapat dipisah dari
kemasan, warna kemasan dan ukuran kemasan tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap penggunaan ulang kemasan pada produk stationery. Sementara itu, bentuk kemasan dan bahan baku kemasan mempunyai pengaruh
signifikan dan positif terhadap penggunaan ulang kemasan pada produk
stationery. Hasil penemuan ini menunjukkan implikasi yang dapat membantu
produsen stationery untuk melakukan pengembangan strategi dalam menciptakan
kemasan produk yang ramah lingkungan dan dapat digunakan secara berulang.
Keywords: Kemasan produk stationery, bentuk kemasan, bahan baku
kemasan, label yang dapat dipisah dari kemasan, warna kemasan, ukuran
kemasan, persepsi konsumen tentang penggunaan ulang kemasan produk
Nowadays, environmental pollution is become very strong issue, stationery
products are one of the many products which contribute waste in the environment
that difficult to break apart, stationery manufacturers who paid attention to this
phenomenon create a multifunctional product packaging that can be reused. The
purpose of this study was to determine the effect of product packaging dimensions
(packaging form, packaging raw materials, packaging labels, packaging colors
and packaging sizes) on consumer perceptions about reusability of product
packaging.
Data obtained through a questionnaire distributed to 100 respondents by using
purposive sampling technique. The sample of this study are the consumers of
stationery products in Bandar Lampung. Multiple Linear Analysis used in this
study.
The results from this study indicate the labels that can be separated from
packaging, packaging color and packaging size do not had significant effect on
reusability of packaging in stationery products. On the other side, the form of
packaging and the raw materials of packaging had a significant and positive
influences on reusability of packaging in stationery products. These findings
implications may help stationery manufacturers to develop strategies for creating
environmental friendly and reusable product packaging.
Keywords: Stationery packaging , form of packaging, packaging, raw
materials of packaging, labels of packaging, colors of packaging, sizes of
packaging, consumer perceptions about reusability of product packaging1511011135 M. Oviendo Machya Ivana-