Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:03:43ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-12-18T04:28:52Z2014-12-18T04:28:52Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5909This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59092014-12-18T04:28:52ZUPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
TEMATIK TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN METODE
DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4
LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2014/2015ABSTRAK
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
TEMATIK TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN METODE
DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4
LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2014/2015
Oleh
MAHDANIAR
Aktivitas dan hasil belajar Tematik siswa kelas IV di SD N 4 Labuhan Ratu masih rendah maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tematik terpadu siswa kelas IV SD Negeri 4 labuhan Ratu Bandar Lampung menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes, dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data tentang aktivitas belajar siswa dan kinerja guru diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar yang dilakukan pada akhir setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil ini didukung oleh peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I hanya 50,69% (sedang) dan pada siklus II naik menjadi 63,19% (tinggi). Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai belajar siswa dari rerata nilai siklus 1 = 57,26 menjadi 62,44 pada siklus II.
Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, metode diskusi.1113069049 MAHDANIAR