Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:22:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-18T06:32:48Z2015-09-18T06:32:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12867This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/128672015-09-18T06:32:48ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN
METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS IV SD
NEGERI I TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG
BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
TAHUN AJARAN 2014/2015Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri I Trimulyo tahun ajaran 2014/2015 masih belum melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut, melalui penelitian tindakan kelas dengan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri I Trimulyo, melalui implementasi metode demonstrasi.
Penelitian dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan: perencanaan, tindakan, Observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus 2 x pertemuan. Data yang diambil meliputi nilai aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi, dan data hasil belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan lembar observasi kinerja guru.
Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 2,3% (siklus I pert 1), 2,6% (siklus I pert 2), 3,4% (siklus II pert 1) dan 3,7% (siklus II pert 2); Nilai rata-rata kinerja guru meningkat sebesar 1,95% (siklus I pert 1),2,75% (siklus I pert 2), 2,95% (siklus II pert 1), dan 3,30% (siklus II pert 2); Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM meningkat sebesar 45% (siklus I pert 1), 60% (siklus I pert 2), 80% (siklus II pert 1) dan 95% (siklus II pert 2). Artinya, pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode demonstrasi1013079058 MANDIYAH ROHAYATI