Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:39:51ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-03-01T08:30:53Z2017-03-01T08:30:53Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25904This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/259042017-03-01T08:30:53ZANALISIS STRATEGI PROMOSI
DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui dampak strategi promosi dalam
meningkatkan kunjungan wisatawan; 2. Untuk mengetahui strategi promosi yang
paling efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan pada pariwisata
Kabupaten Pesawaran. Untuk menyelesaikan penelitian ini penulis menggunakan
metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui
pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil dari
penelitian ini menunjukan 1. Promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif adalah ikut dalam kegiatan festival, pameran, memasang iklan
melalui beberapa media, dan mengadakan event pariwisata. Promosi melalui
media cetak seperti brosur, pamflet, dan media elektronik sebagai sarana promosi
tidak memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kunjungan
wisatawan karena kecenderungan masyarakat saat ini yang lebih banyak
mengakses internet dibandingkan media konvensional 2. Event kepariwisataan
yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Pesawaran
merupakan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan kunjungan
wisatawan karena dalam setiap event yang diselenggarakan, Dinas Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif Kabupaten Pesawaran memiliki target untuk mendatangkan
pengunjung dalam jumlah besar. Selain itu, tour agent dan freelance blogger
berperan aktif mempromosikan pariwisata melalui internet dan media sosial dan
juga wisatawan menjadi agen promosi by mouth promotion.
Kata kunci: Strategi Promosi, Pariwisata
ABSTRACT
This study aims 1. To determine the impact of promotional strategies in
increasing tourist visits; 2. To determine the most effective promotional strategy
to increase tourist arrivals to Pesawaran District tourism. To complete this study
authors used a qualitative descriptive method. Data were collected by interviews,
direct observation, and documentation. The data analysis was done through data
collection, data reduction, data presentation and conclusion. Data validity
checking is done by triangulation data. The results of this study indicate 1.
Promotion conducted by the Department of Tourism and Creative Economy is to
participate in the festival activities, exhibitions, placed advertisements in several
media, and held a tourism event. Promotion through print media such as
brochures, pamphlets, and electronic media as a promotional tool does not have a
significant impact in increasing tourist arrivals because of the tendency of today’s
society is more to access the internet compared to conventional media. 2. Event
tourism conducted by the Department of Tourism and Creative Economy
Pesawaran District is the promotion of the most effective in increasing tourist
arrivals because in any event held, Pesawaran District has a target to bring
visitors in large numbers. Besides, tour agents and freelance blogger play an
active role to promote tourism through internet and social media as well as
travelers become a by mouth promotion agent’s
Keywords: Promotion Strategy, Tourism
1316051050 MANGIFERA MARSYA NURULWAASI mangiferamarsya@rocketmail.com