Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:37:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-05-18T07:59:29Z2018-05-26T03:26:34Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31462This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/314622018-05-18T07:59:29ZIMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,
ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK
MEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA
PENGUASAAN KONSEP KALOR
PESERTA DIDIKKegiatan pembelajaran di kelas tidak bisa dilepaskan dari adanya model
dan pendekatan karena dalam melancarkan kegiatan pembelajaran dan
meningkatkan pemahaman konsep serta kecerdasan peserta didik tentunya
harus diimbangi dengan pengguanaan pendekatan pembelajaran. Kurang
efisiennya pendekatan yang digunakan di sekolah dapat menghambat
kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk pendekatan yang mendukung
proses pembelajaran mandiri adalah Pendekatan Terpadu Science,
Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Hasil observasi di
kelas XI MIPA SMA 14 Bandar Lampung menyatakan pendekatan yang
digunakan dalam kegiatan pembelajaran tidak variatif. Tujuan penelitian
ini adalah memperkenalkan Pendekatan Terpadu STEM berbasis Problem
Based Learning (PBL) pada materi Kalor untuk peserta didik SMA
yang digunakan secara menarik, mudah, dan bermanfaat sebagai
pembelajaran inovatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kuasi eksperimen. Adapun prosedur penelitian ini meliputi
Maretha Zahara
iii
analisis kebutuhan, identifikasi spesifikasi pendekatan yang diinginkan
penggunaannya, pembuatan instrumen, uji instrumen, uji normalitas, uji
homogenitas, uji n-gain score, uji paired sample t-test, uji ukuran efek,
uji independent sample t-test, dan uji Analysis of Covariance.
Berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan data pada tabel
Sig. (2-tailed) < α (α : 0.05) artinya ada perbedaan hasil pretest dan
posttest yang menggunakan pendekatan pembelajaran Science,
Technology, Engineering and Mathematics (STEM) didukung hasil uji
ukuran efek yang menunjukkan nilai ukuran efek sebesar 0.90 untuk
kelas eksperimen laki-laki dan 0.99 untuk kelas eksperimen perempuan
terklasifikasi large atau besar pengaruhnya terhadap pemahaman konsep.
Hasil uji independent sample t-test diketahui bahwa Sig. (p-value) ≥ α (α :
0.05), menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep
peserta didik laki-laki dan perempuan dan menurut hasil uji Analysis of
Covariance data N-Gain Sig. (p-value) ≥ α (α : 0.05), tidak ada perbeda an
rata-rata pemahaman konsep peserta didik laki-laki dan perempuan
setelah menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering and
Mathematics (STEM). Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan
STEM berbasis Problem Based Learning yang telah teruji dapat
digunakan sebagai bahan pendekatan proses pembelajaran yang
meningkatkan pemahaman konsep dan mereduksi disparitas gender
peserta didik.
Kata kunci: pendekatan STEM, Problem Based Learning, disparitas
gender.1413022044 MARETHA ZAHARA marethazaharaaa@gmail.com