Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:09:30ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-10-13T06:59:50Z2017-10-13T06:59:50Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28569This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/285692017-10-13T06:59:50ZPENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERPIKIR ELABORASI PADA
MATERI LARUTAN PENYANGGAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan, dan
ukuran pengaruh (effect size) model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan
berpikir elaborasi pada materi larutan penyangga. Metode penelitian
yang digunakan adalah poor experimental dengan One Group Pretest-Posttest
design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gedongtataan dengan populasi
penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA semester genap tahun ajaran 2016/2017
yang berjumlah 210 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster
random sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 sebagai
kelas eksperimen.
Data kepraktisan diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan model discovery
learning dan angket respon siswa, data keefektivan diperoleh dari soal tes kemampuan
berpikir elaborasi terdiri dari lima soal uraian, lembar observasi
aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dan lembar observasi kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran. Data dianalisis menggunakan
Marfuatun Hasanah
Microsoft Office Excel 2010 dan SPSS versi 17 for Windows. Hasil penelitian
menunjukkan keterlaksanaan model discovery learning berkategori “tinggi”,
respon siswa terhadap pembelajaran berkategori “sangat tinggi”, kemampuan guru
dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran berkategori
“sangat tinggi” serta keterampilan berpikir elaborasi siswa pada kedua
kelas eksperimen mengalami peningkatan. Rata-rata nilai n-Gain keterampilan
berpikir elaborasi siswa pada kedua kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,56 dan
0,53 dengan kategori “sedang” serta hasil pengujian ukuran pengaruh diperoleh
sebesar 0,98 dan 0,99 dengan kategori “besar”. Hasil ini menunjukkan bahwa
model discovery learning, praktis, efektif, dan memiliki ukuran pengaruh yang
besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi pada materi larutan
penyangga.
Kata kunci: keterampilan berpikir elaborasi, larutan penyangga, model discovery
learning1313023049 MARFUATUN HASANAHfuahsanah8@gmail.com