Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:07:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-12-28T07:01:01Z2016-12-28T07:01:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24945This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/249452016-12-28T07:01:01ZPERBANDINGAN MODEL VCT DAN MODEL MORAL REASONING
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL
DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA
PADA PEMBELAJARAN IPSPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)perbedaan keterampilan sosial antara
siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT dengan
model pembelajaran Moral Reasoning, (2)keefektifan model pembelajaran VCT
dan Moral Reasoning dalam mencapai keterampilan sosial pada siswa yang
memiliki konsep diri yang positif, (3)keefektifan model pembelajaran VCT dan
Moral Reasoning dalam mencapai keterampilan sosial pada siswa yang memiliki
konsep diri yang negative, (4)interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri
terhadap keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS. Populasi penelitian ini
siswa kelas VIII SMP Dharmapala Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
komparatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini bersifat quasi
experimental design atau bersifat eksperimen semu dengan desain factorial.
Teknik pengambilan data meliputi observasi, dan angket. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil
analisis disimpulkan: (1)Adanya perbedaan keterampilan social siswa yang diajar
menggunakan model VCT dan siswa yang diajar menggunakan model Moral
Reasoning pada pembelajaran IPS. (2)pada siswa yang memiliki konsep diri
positif pada pembelajaran IPS, keterampilan social siswa yang pembelajarannya
menggunakan model VCT lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang
pembelajarannya menggunakan model Moral Reasoning (3)pada siswa yang
memiliki konsep diri negatif pada pembelajaran IPS, keterampilan social siswa
yang pembelajarannya menggunakan model VCT lebih rendah dibandingkan
dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Moral Reasoning, (4)
Ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan konsep diri siswa
terhadap keterampilan social siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata Kunci : Model pembelajaran VCT, Moral Reasoning, keterampilan social,
serta konsep diri
abstract
This research is aimed at to recognize: 1) the social skills differences among the
students using VCT and moral reason learning model in social subject, 2)
effectiveness VCT and moral reason learning model in achieving social skills in
students which has a positive self-concept, 3) effectiveness VCT and moral reason
learning model in achieving social skills in students which has a negative selfconcept,
4) interaction between the learning model and the self-concept against
social skills in social subject. This study population of student VIII class SMP
Dharmapala Bandar Lampung 2015/2016. The method used in the research design
of treated by level. The sampling technique of the research in quasi experimental
design. The technique of data collecting including observation, and questionnaire.
The hypothesis testing using the formula of varians analysis in two paths and ttest
of two independent. The result of the analysis can be concluded; 1) there is
social skills difference between students those are treated with VCT and moral
reasoning learning model in social subject, 2) the student with positive selfconcept
to the social subject, social skills students are learning to use the model of
VCT is higher than those are treated with moral reasoning learning model, 3) the
student with negative self-concept to the social subject, social skills students are
learning to use the model of VCT is lower than those are treated with moral
reasoning learning model, 4) there is an interaction between the using of learning
model and self-concept students in social subject to social skills students.
Keywords : VCT model of learning, Moral reasoning, Social skills, and Selfconcept.(1423031039) MARITANISA AGUSTINAmaritanisa_agustina@yahoo.com