Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:50:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-27T02:26:35Z2022-04-27T02:26:35Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60544This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/605442022-04-27T02:26:35ZIMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS
BLENDED LEARNING PADA TOPIK ENERGI UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN
PROBLEM SOLVING
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan problem
solving peserta didik dengan mengimplementasikan PBL dengan pendekatan
STEM berbasis blended learning pada topik energi. Penelitian ini dilaksanakan di
SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan
desain penelitian non-equivalent control group design. Alat pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan soal tes pada materi energi. Data hasil belajar
dianalisis dengan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa, N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang dan
N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,32 dengan kategori sedang. Hasil uji
hipotesis independent simple T-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,008 <0,05
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan
problem solving pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata persentase
kenaikan indikator problem solving pada kelas eksperimen sebesar 29,45%
sedangkan pada kelas kontrol 23,33%. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar
0,999 dengan kategori besar yang berarti pembelajaran PBL dengan pendekatan
STEM berbasis blended learning berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan
kemampuan problem solving peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat
diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan problem solving peserta didik
pada kelas eksperimen dengan mengimplementasikan PBL dengan pendekatan
STEM berbasis blended learning lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol
dengan mengimplementasikan PBL pendekatan saintifik.
Kata kunci: PBL, Pendekatan STEM, Energi, Kemampuan Problem Solving,
Blended Learning1713022028 MEISY RUSLINA SARImeisyruslinasari@gmail.com