Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:55:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-03-17T05:38:08Z2022-03-17T05:38:08Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54741This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/547412022-03-17T05:38:08ZUPAYA NATION BRANDING WONDERFUL INDONESIA DI CHINA
DALAM MEMPROMOSIKAN SEKTOR PARIWISATA INDONESIA
TAHUN 2011-2016
Indonesia negara yang memiliki pariwisata beragam dan indah namun
pariwisatanya masih tertinggal dibandingkan dengan negara yang ada di ASEAN,
Indonesia menduduki posisi ke empat pada persaingan pariwisata. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk melihat upaya dari kegiatan nation branding wonderful
Indonesia dalam mempromosikan pariwisata Indonesia di China dari tahun 2011
hingga tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik data wawancara dan studi
kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah Indonesia telah berhasil menerapkan
konsep nation branding wonderful Indonesia di China dengan memaksimalkan
strategi promosi brand and competitive identity branding, marketing, and
promotion, market and segment. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan
kepada pemerintah Indonesia, dapat mengimplementasikan konsep nation
branding ke dalam program-program yang mudah dilakukan oleh masyarakat,
pada pelaksanaan konsep nation branding wonderful indonesia diperlukan upaya
pada masyarakat dalam menciptakan produk yang identik dengan Indonesia
sehingga keberhasilan konsep tersebut akan mendorong perekonomian masyarakat
Indonesia.
Kata Kunci: Destination Tourism Branding, Wonderful Indonesia, China.
Indonesia is a country that has diverse and beautiful tourism but its tourism is still
lagging behind compared to countries in ASEAN, Indonesia occupies the fourth
position in tourism competition. The purpose of this study was to look at the
efforts of Indonesia's wonderful nation branding in promoting Indonesian tourism
in China from 2011 to 2016. The method used in this study used a descriptive
qualitative approach, with interview data and literature study techniques. The
result of this study is that Indonesia has succeeded in applying the concept of
wonderful Indonesian nation branding in China by maximizing brand promotion
strategies and competitive branding, marketing, and promotion, market and
segment. Based on the results of this study, it is expected that the Indonesian
government can implement the concept of nation branding in programs that are
easily carried out by the community, in the implementation of the concept of
Indonesian nation branding, it requires efforts to create products that are
synonymous with Indonesia so that the success of the concept will encourage the
economy of the Indonesian people.
Keywords: Destination Tourism Branding, Wonderful Indonesia, China
1316071033 MEKA NURHADI-