Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:01:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-06-21T06:16:48Z2017-06-21T06:16:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27119This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/271192017-06-21T06:16:48ZPENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
KELAS IV SD NEGERI 10
METRO TIMURMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IVB SD
Negeri 10 Metro Timur pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar rendah
ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal siswa yang hanya mencapai 40 %.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan
strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media grafis. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus.
Tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes, alat
pengumpul data berupa lembar observasi untuk menilai kinerja guru, hasil belajar
afektif dan hasil belajar psikomotor, soal tes digunakan untuk mengetahui hasil
belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran
berbasis masalah dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas IVB SD Negari 10 Metro Timur Tahun pelajaran 2016/2017. Rata-rata nilai afektif
siklus I 55,57 dengan kategori cukup baik dan siklus II 77,75 dengan kategori baik,
meningkat 22,38%. Rata-rata nilai psikomotor siklus I 60,83 dengan kategori baik dan
siklus II 79,17 dengan kategori baik, meningkat 18,34%. Rata-rata nilai hasil belajar
siklus I yaitu 65,25 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II sebesar 10,50 menjadi
75,75 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I (60,00%)
dan pada siklus II (80,00%).
Kata kunci : hasil belajar, matematika, strategi pembelajaran berbasis masalah.1313053096 MELIA ROSALINA DEWImeliarosalia527@gmail.com