Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:19:17ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-07-26T07:41:47Z2018-07-26T07:41:47Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32334This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/323342018-07-26T07:41:47ZPENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 33
GEDONG TATAAN PESAWARAN LAMPUNGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV (empat) SD
Negeri 33 Gedong Tataan Pesawaran Lampung. Masalah dalam penelitian ini
adalah siswa asik bermain ketika guru menyampaikan materi, siswa tidak
mengerjakan tugas dengan sungguh - sungguh, siswa malas menjawab pertanyaan
atau bertanya dalam pembelajaran, rendahnya hasil belajar siswa ditandai dengan
besarnya jumlah siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM)
di kelas IV SD Negeri 33 Gedong Tataan. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri
33 Gedong Tataan. Sampel pada penelitian ini yaitu 30 siswa dengan teknik
sampling dengan proportionate stratified random sampling. Instrumen utama
yang digunakan adalah angket, data di analisis dengan menggunakan rumus uji
regresi linier berganda, dari pengujian hipotesis dapat disimpulk
an terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi, motivasi
kekuasaan, motivasi afiliasi secara bersama -sama terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Motivasi
abstract
This research aim to purpose to know how big the influence of Mc.Clelland
motivation on the student’s learning outcomes in the thematic lesson.The problem
in this research is the cool students play when the teacher deliver the material, the
students do not do the job seriously, the students are lazy to answer the question
or ask in the learning, the low result of student learning is marked by the large
number of students who have not reached the minimum mastery criteria (KKM) in
class IV SD Negeri 33 Gedong Tataan. this research is a quantitative research.
population in this research is all fourth grade students of SD Negeri 33 Gedong
Tataan, sample in this research is 30 student with sampling technique with
proportionate stratified random sampling. the main instrument used is
questionnaire questionnaire, the data in the analysis by using multiple linear
regression test formula, from hypothesis testing can be concluded there is a
significant influence between achievement motivation, power motivation, affiliate
motivation together to the learning outcomes.
Keywords: Learning Outcomes, Thematic Learning, Motivation1413053073 MOHAMAD ALWAN FU'ADY mohamadalwanfuady1996@gmail.com