Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:15:05ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-03-01T07:03:15Z2017-03-01T07:03:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25851This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/258512017-03-01T07:03:15ZPENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION
TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII
SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA METRO
TAHUN AJARAN 2015/2016ABSTRAK
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi belajar siswa, salah satu faktor yang
mempengaruhi belajar siswa adalah motivasi belajar. Motivasi belajar sangatlah
penting untuk keberhasilan belajar, namun pada kenyataannya tidak semua siswa
memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Dalam hal ini perlu adanya usahausaha
guna meningkatkan motivasi belajar tersebut, salah satunya dengan
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division yang
menggunakan kerjasama kelompok diskusi dalam pembelajarannya, dengan
adanya kelompok diskusi ini diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa
dalam belajar dan, khususnya pada pelajaran IPS.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif
dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap
motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Metro tahun
ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement
Division terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1
Kota Metro tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data
menggunakan uji theta dan kai kuadrat.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dengan nilai
koefisien korelasinya sebesar 0,5225 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang
dengan interpretasi semakin sering model Student Teams Achievement Division
digunakan, maka motivasi belajar IPS siswa akan semakin baik dan nilai
signifikan yang diperoleh adalah sebesar 7,295 sehingga dapat diartikan model
pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat dipercaya dan
dihandalkan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa. Hal tersebut dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran
Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Metro tahun ajaran 2015/2016.
1113033038 MUHAMMAD KADAFImuhammadkadafi950@yahoo.co.id