Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:39:07ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-03-17T06:44:33Z2022-03-17T06:44:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54934This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/549342022-03-17T06:44:33ZPENGARUH DIMENSI LINGKUNGAN FISIK (SERVICESCAPE) TERHADAP
WORD OF MOUTH Studi Pada Pavilion Cafe Bandar Lampung
Yayasan Pendidikan Al Kautsar (YPAK) yang terletak di Jalan Soekarno Hatta
Rajabasa adalah salah satu sekolah swasta di Bandar Lampung dan telah
mengelola kegiatan pendidikan umum sejak 16 Januari 1992. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah konflik peran ganda yang dimiliki tenaga pengajar yang
sudah berkeluarga seperti waktu kerja, yang dapat menimbulkan konflik peran
sehingga dapat berdampak kepada kelelahan emosional dalam diri tenaga pengajar
yang dapat menurunkan kinerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran ganda (work
family conflict) dan kecerdasan emosional terhadap kinerja tenaga pendidik.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner
dengan skala likert yang disebar kepada tenaga pengajar Yayasan Pendidikan Al
Kautsar unit SMP dan SMA. Teknik penyebaran kuesioner dilakukan kepada
populasi penelitian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenaga
pendidik SMP dan SMA Al Kautsar Bandar lampung berjumlah 107 orang yang
nantinya akan menjadi responden dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik peran ganda (work family
conflict) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pengajar,
kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga
pengajar. Saran bagi YPAK sebaiknya melaksanakan kegiatan pelatihan
pengembangan manajemen diri dan untuk Lembaga Pendidikan Al-Kautsar perlu
mengurangi tuntutan kerja bagi tenaga pendidik.
.
Kata Kunci : Konflik Peran Ganda (Work Family Conflict), Kecerdasan
Emosional, Kinerja.
Al Kautsar Education Foundation (YPAK) is an unit located on Jalan Soekarno
Hatta Rajabasa is one of the private schools in Bandar Lampung and has been
managing general education activities since January 16, 1992. The problem in this
study is the dual role conflict owned teaching staff who are married like work time,
which can lead to role conflict so that it can have an impact on emotional fatigue in
the teaching staff who can reduce performance.
This study aims to determine the effect of conflict of multiple roles (work family
conflict) and emotional intelligence on the performance of teaching staff. The
method of data collection in this study was to use a questionnaire with a Likert scale
that was distributed to the teaching staff of the Al Kautsar Education Foundation in
junior and senior high school units. The questionnaire distribution technique was
carried out to the study population. The population used in this study were educators
of Bandar Lampung Lampung Middle School and Al Kautsar High School totaling
107 people who would later become respondents in this study.
The results of this study indicate that multiple role conflict (work family conflict) has
a negative and significant effect on the performance of teaching staff, emotional
intelligence has a positive and significant effect on the performance of the teaching
staff. Suggestions for YPAK is carry out self management development training
activities and Al-Kautsar Educational Institutions need to reduce the demands of
work for teaching staff.
Keywords: Work Family Conflict, Emotional Intelligence, Performance.1341011042 MUHAMMAD MUKHTARIDI RATU AGUNG-2022-03-17T05:47:28Z2022-03-17T05:47:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54764This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/547642022-03-17T05:47:28ZPENGARUH DIMENSI LINGKUNGAN FISIK (SERVICESCAPE) TERHADAP
WORD OF MOUTH (Studi Pada Pavilion Cafe Bandar Lampung)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi lingkungan fisik
(servicescape) pada kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data
kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kualitatif dan
kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada
100 responden yang dipilih berdasarkan teknik non probability sampling dengan
metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan. Analisis data
menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian
uji t didapat secara parsial dimensi lingkungan fisik (servicecape) yakni: kondisi
sekitar (XI), tata letak ruang dan fungsional (X2), tanda, simbol, dan artefak (X3)
berpengaruh positif dan signifikan pada word of mouth (Y). Besarnya kontribusi
dimensi lingkungan fisik (servicescape) pada Word of Mouth 49,7% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Lingkungan Fisik dan Word of Mouth
This research aims to determine the effect of physical environment dimension
(servicescape) on consumer satisfaction. The method used in this research is
descriptive verification. The type of data used is qualitative and quantitative data.
Data source in this research qualitative and quantitative data. Data collection
was done by distributing questionnaires to 100 respondents selected based on non
probability sampling technique with purposive sampling method with predefined
criteria. Data analysis using multiple linear regression with the help of SPSS
17.0. The result of t-test is obtained by partial dimension of physical environment
(servicescape) namely: ambient conditions (X1), spatial layout and fanctionality
(X2), signs, symbol and artifact (X3) have positive and significant effect on word
of mouth (Y). The amount of contribution of the physical environment dimension
(servicescape) on word of mouth of 49.7% the rest is influenced by other variables
that are not examined.
Keywords : Servicescape and Word of Mouth1341011042 MUHAMMAD MUKHTARIDI RATU AGUNG-2022-03-15T21:02:39Z2022-03-15T21:02:39Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54765This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/547652022-03-15T21:02:39ZPENGARUH DIMENSI LINGKUNGAN FISIK (SERVICESCAPE) TERHADAP
WORD OF MOUTH (Studi Pada Pavilion Cafe Bandar Lampung)
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi lingkungan fisik
(servicescape) pada kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data
kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kualitatif dan
kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada
100 responden yang dipilih berdasarkan teknik non probability sampling dengan
metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan. Analisis data
menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian
uji t didapat secara parsial dimensi lingkungan fisik (servicecape) yakni: kondisi
sekitar (XI), tata letak ruang dan fungsional (X2), tanda, simbol, dan artefak (X3)
berpengaruh positif dan signifikan pada word of mouth (Y). Besarnya kontribusi
dimensi lingkungan fisik (servicescape) pada Word of Mouth 49,7% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Lingkungan Fisik dan Word of Mouth
This research aims to determine the effect of physical environment dimension
(servicescape) on consumer satisfaction. The method used in this research is
descriptive verification. The type of data used is qualitative and quantitative data.
Data source in this research qualitative and quantitative data. Data collection
was done by distributing questionnaires to 100 respondents selected based on non
probability sampling technique with purposive sampling method with predefined
criteria. Data analysis using multiple linear regression with the help of SPSS
17.0. The result of t-test is obtained by partial dimension of physical environment
(servicescape) namely: ambient conditions (X1), spatial layout and fanctionality
(X2), signs, symbol and artifact (X3) have positive and significant effect on word
of mouth (Y). The amount of contribution of the physical environment dimension
(servicescape) on word of mouth of 49.7% the rest is influenced by other variables
that are not examined.
Keywords : Servicescape and Word of Mouth
1341011042 MUHAMMAD MUKHTARIDI RATU AGUNG -