Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:51:18ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-12-27T03:34:02Z2016-12-27T03:34:02Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24885This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/248852016-12-27T03:34:02ZPERBANDINGAN SKILL REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN
KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL FISIKA
DILIHAT DARI MISKONSEPSI SISWA
PADA MATERI FLUIDA STATISSetiap peserta didik memiliki skill representasi matematis yang berbeda-beda,
ada yang memiliki skill representasi matematis yang tinggi ataupun yang rendah.
Banyak orang yang mengatakan apabila siswa memiliki skill representasi
matematis yang tinggi, ia juga memiliki kemampuan menyelesaikan soal fisika
yang baik, begitupun sebaliknya. Namun ada faktor luar yang cenderung
memperlemah hubungan keduanya yakni miskonsepsi. Miskonsepsi ini dapat
menjadi masalah dalam menyelesaikan soal fisika. Oleh karena itu, dilakukanlah
penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaaan
kemampuan menyelesaikan soal fisika siswa yang memiliki skill representasi
matematis tinggi dan skill representasi matematis rendah (2) ada tidaknya
perbedaan kemampuan menyelesaikan soal fisika siswa yang mengalami
miskonsepsi faktual dan miskonsepsi konseptual (3) ada tidaknya interaksi antara
miskonsepsi dengan skill representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal
fisika. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Bandar Lampung, menggunakan satu
Muhammad Reza Pratama
kelas eksperimen (kelas X MIA 2) dengan jumlah sampel 39 siswa. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS 21, yaitu uji validitas,
reliabilitas, normalitas, dan Anova dua arah. Dari olah data yang diperoleh
terdapat 8 siswa yang memiliki skill representasi matematis yang tinggi dan 31
siswa yang memiliki skill representasi matematis yang rendah. Adapun yang
mengalami miskonsepsi faktual sebanyak 17 siswa dan yang mengalami
miskonsepsi konseptual 22 siswa. Hasil analisis menggunakan SPSS 21
menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal
fisika siswa yang memiliki skill representasi matematis tinggi dan skill
representasi matematis rendah dikarenakan nilai sig. 0,010 < 0,05 (2) terdapat
perbedaan kemampuan menyelesaikan soal fisika siswa yang memiliki
miskonsepsi faktual dan miskonsepsi konseptual dikarenakan nilai sig. 0,029 <
0,05 (3) terdapat pengaruh interaksi antara skill representasi matematis dengan
miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal fisika dikarenakan nilai sig. 0,043
> 0,05.
Kata kunci: Fluida Statis, Kemampuan Menyelesaikan Soal, Miskonsepsi dan
Skill Representasi Matematis. (1213022036) MUHAMMAD REZA PRATAMAmrezapratama16@gmail.com