Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:22:53ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-23T03:38:50Z2015-12-23T03:38:50Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16133This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/161332015-12-23T03:38:50ZANALISIS KONTRIBUSI MARJIN DALAM RANGKA MAKSIMALISASI
LABA MELALUI PENENTUAN KOMPOSISI PENJUALAN YANG
OPTIMAL STUDI KASUS PADA PT SARI MELATI KENCANA CABANG
PAGAR ALAMKontribusi marjin merupakan selisih dari total penjualan dan biaya variabel. Nilai
kontribusi marjin menggambarkan laba yang dikontribusikan dari masing-masing
jenis produk. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan analisis kontribusi
marjin untuk menentukan komposisi penjualan yang optimal dengan
mengeliminasi produk yang memberikan nilai kontribusi marjin yang rendah.
Metode kuadrat terkecil digunakan untuk memisahkan biaya semivariabel menjadi
biaya variabel dan biaya tetap. Penelitian ini dilaksanakan di PT Sari Melati
Kencana Cabang Pagar Alam. Data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder dari perusahaan untuk tahun 2014. Komposisi penjualan baru yang
dihasilkan dari penelitian ini hanya memasukkan lima jenis produk dari sembilan
jenis produk yang diproduksi perusahaan. Kesimpulannya, terjadi peningkatan
laba bersih perusahaan senilai Rp442,999,934 dengan diterapkannya komposisi
penjualan yang baru.
Kata Kunci: Kontribusi Marjin, Metode Kuadrat Terkecil, Komposisi Penjualan.
ABSTRAK BAHASA INGGRIS
Margin contribution is difference between total of sales and variable cost. It is
used to describe the profit which is contributed from each kind of product.
Further, this research used analysis of margin contribution to determine an
optimum sales mix by eliminating particular kind of product that gives a less
margin contribution’s value. The separation of semi-variable cost to variable and
fixed cost in this research, used least square method. The research was conducted
at PT Sari Melati Kencana Branch of Pagar Alam. The data used are primary and
secondary data from year 2014. A new sales mix created from the research only
include five out of nine kinds of product which company produced. In conclusion,
the result of implementation of new sales mix showed an increase in company’s
net profit amounted to Rp442,999,934.
Keywords: Margin Contribution, Least Square Method, Sales Mix0911031056 MUHAMMAD YASIR ADI PUTRAyasiradiputra@gmail.com