Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:36:04ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-20T07:09:57Z2022-04-20T07:09:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60136This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/601362022-04-20T07:09:57ZPERSONAL BRANDING MAHASISWI PEROKOK
(Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Lampung)Era globalisasi berpengaruh terhadap perubahan baik secara kebiasaan maupun
perilaku masyarakat dalam aspek kehidupan. Salah satu perubahan yang ada
dimasyarakat adalah perubahan gaya hidup yang dipengaruhi oleh masyarakat
yang dinamis. Salah satu gaya hidup di masyarakat adalah Perilaku merokok
,Sebanyak 14 provinsi di Indonesia, merokok dimulai pada usia 10 tahun
terutama untuk anak laki-laki Seiring dengan perkembangan masyarakat yang
semakin modern, kebiasaan merokok pada saat ini bukan lagi menjadi hal yang
dianggap tabu dalam kehidupan masyarakat Tingkat kebutuhan akan gaya hidup
yang modern, membuat anggota masyarakat khususnya remaja perempuan
mencoba hal-hal baru dalam hidupnya. Dalam hal ini tentu saja banyak faktor
yang menyebabkan remaja perempuan akhirnya memilih untuk mengkonsumsi
rokok. Berbagai macam penyebab mahasiswi itu merokok akhirnya mereka
mempunyai makna tersendiri ketika dirinya sudah menjadi perokok aktif atau
perokok berat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu penelitian yang biasa diartikan
sebagai pengalaman subjektif. Beberapa faktor yang mempengaruhi Mahasiswi
menjadi perokok rata-rata dari lingkup keluarga, teman-teman, dan lingkungan
sekitar. Alasan Mahasiswi dalam memilih suatu Brand Rokok. Pada umumnya
informan memilih Brand Sampoerna Mild dengan alasan lebih ringan untuk
dihisap, sebagian informan juga memilih berbagai Brand Rokok dengan varian
rasa seperti Esse Change, Esse Mix, Esse Menthol, LA Ice, Marlboro Ice Blast
informan memilih Brand Rokok tersebut tentu memiliki pertimbangan tersendiri
karena sangat beda dengan informan Mahasiswi lain dengan alasan saat dihisap
di tenggorokan pas, di genggaman enak, dan tentunya harga terjangkau bagi
kantong Mahasiswi.
Kata Kunci : Personal Branding, Mahasiswi, Perokok, Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik Unila.
The era of globalization affects changes in both habits and people's behavior in
aspects of life. One of the changes that exist in society is a change in lifestyle
which is influenced by a dynamic society. One of the lifestyles in society is
smoking behavior. As many as 14 provinces in Indonesia, smoking begins at the
age of 10 years, especially for boys. Along with the development of an
increasingly modern society, smoking is no longer considered a taboo in life.
community The level of need for a modern lifestyle, makes community members,
especially teenage girls, try new things in their lives. In this case, of course, there
are many factors that cause teenage girls to finally choose to consume cigarettes.
The various causes of female students smoking finally have their own meaning
when they have become active smokers or heavy smokers. This study uses a
qualitative method using a phenomenological approach, namely research which is
usually interpreted as a subjective experience. Some of the factors that influence
female students to become smokers on average are from the scope of family,
friends, and the surrounding environment. Student reasons in choosing a
Cigarette Brand. In general, informants chose the Sampoerna Mild Brand for
reasons that were lighter to smoke, some informants also chose various Cigarette
Brands with flavor variants such as Esse Change, Esse Mix, Esse Menthol, LA
Ice, Marlboro Ice Blast. very different from other student informants on the
grounds that when it is sucked in the throat it fits, it feels good in the grip, and of
course the price is affordable for a student's pocket.
Keywords: Personal Branding, Student, Smokers, Faculty of Social and Political
Sciences Unila.1716011003 MUJI RAHAYUmujir1042@gmail.com